Sunday, May 27, 2012

Lima Cara Memilih Program Kuliah Online


Seiring perkembangan teknologi, banyak perguruan tinggi elite dunia mengembangkan program kuliah online yang terintegrasi dan canggih. Tidak dapat dipungkiri, program kuliah online ini juga memberikan kenyamanan dan nilai tambah tersendiri. 

Meski demikian, jika kamu berminat mengikuti kuliah online, kamu sebaiknya mengerti bahwa tidak semua program diciptakan setara. Karena banyaknya pilihan, calon mahasiswa pun harus jeli memilih dan memilah program kuliah online mana yang cocok untuknya. Berikut lima langkah memilih kuliah online yang dapat kamu terapkan, seperti dilansir College Cures.  

Reputasi 

Hal pertama yang harus kamu lihat pada setiap program kuliah online adalah apakah kampus yang mengeluarkannya memiliki reputasi baik atau tidak. Langkah ini untuk memastikan kamu tidak terjebak pada 'pabrik sarjana', yakni sebutan untuk kampus tidak berkualitas yang hanya mencari mahasiswa sebanyak-banyaknya.  

Interaktivitas/teknologi

Jika memilih untuk mengikuti kuliah online, pastikan kamu didukung teknologi yang canggih. Dengan begitu, perkuliahanmu tidak akan terganggu hanya karena masalah buruknya jaringan untuk online. 

Banyak program kuliah online memanfaatkan teknologi komunikasi terbaru untuk menciptakan kelas virtual. Bentuk kelas virtual ini memungkinkan tingkat interaktivitas dan keterikatan antara dosen dengan teman 'sekelas'. 

Penghargaan 

Jika kamu masih tidak yakin dengan program kuliah online tertentu, kamu bisa melihat rangking kampus tersebut dan menyimak berbagai testimoni dari para mahasiswa dan alumni. 

Program kuliah online dengan rangking baik menunjukkan prestise. Sementara testimoni para siswa dan alumni memberikan kita ketenangan dalam memilih suatu program. 

Prospek karier

Alasan utama untuk mengejar gelar sarjana secara online adalah untuk menjajaki peluang karier yang lebih baik. Pemahaman salah yang umum terjadi pada program kuliah online adalah kamu akan dipaksa untuk mengorbankan kesempatan berhubungan dengan sesama mahasiswa, dan kamu tidak akan lulus dengan sumber daya karier yang sama dengan mahasiswa tatap muka (non-online). 

Kamu harus memastikan bahwa kamu memilih program kuliah online yang menyingkirkan semua konsep yang salah tersebut. 

Komunitas

Hal terakhir yang juga penting adalah memastikan bahwa kamu akan menikmati komunitas akademik yang menyenangkan antara teman sejawat maupun staf kampus. Satu hal yang secara alami hilang dari pendidikan online adalah perasaan bahwa kamu adalah benar-benar bagian dari kebudayaan kampus dan akan merasakan pengalaman yang sama dengan mereka yang berkuliah tatap muka.


sumber : Okezone.com

No comments:

Post a Comment