Sunday, February 26, 2012

Manfaat Belajar di Luar Negeri

Bersekolah di luar negeri merupakan impian bagi banyak orang. Banyak alasan yang mendasari banyaknya pelajar melanjutkan studi ke negeri orang, seperti ingin mendapatkan mutu pendidikan yang lebih baik. Selain itu ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari belajar di luar negeri seperti beberapa yang disimpulkan dibawah ini:
 
1. Pengalaman baru
Dengan kuliah di luar negeri berarti akan menemukan suasana baru yang secara otomatis akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak didapati di dalam negeri. Semakin banyaknya pengalaman di luar negeri maka orang tersebut akan mengerti tentang dunia luar.  

2. Memiliki teman dari mancanegara
Memiliki teman dari mancanegara akan memperbanyak dan menambah koneksi yang nantinya akan sangat berguna sebagai penunjang karier, apalagi jika berencana menetap dan bekerja  di luar negeri. Selain hal tersebut keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah dapat bertukar informasi dan pengalaman.

3. Menambah kemampuan bahasa
Dengan berinteraksi dengan penduduk setempat, berarti mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa serta mengasah cara berbicara dengan dialek seperti penutur aslinya. Selain itu semakin banyak teman dari mancanegara maka dapat memotivasi kita untuk mempelajari bahasa asing lainnya. Nah semakin bertambah kan bahasa asing yang bisa dikuasai.

4. Menambah wawasan
Wawasan mengenai dunia sudah pasti bertambah, baik itu segi pandang terhadap dunia, pendidikan, kehidupan, teknologi, pengetahuan, dll. Ragam budaya/kultur yang dirasakan dapat menjadikan kita pribadi yang multikultur. Sehingga kita dapat memposisikan diri bagaimana berinteraksi dengan masyarakat mancanegara. Dengan memahami kultur yang berbeda, kita dapat  belajar, membandingkan dan kemudian mengambil hikmahnya.

5. Kepribadian yang mandiri
Disini kita dapat melatih diri untuk hidup mandiri dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Disamping itu pula belajar mengatur keuangan dan bertahan, tidak melulu bergantung/berharap pada orangtua. Akhirnya menjadikan kita pribadi yang dewasa dan cermat.

6. Pendidikan di luar negeri (terutama di negara maju) pendidikannya lebih maju
Biasanya tingkat pendidikan diluar negeri ditunjang dengan teknologi yang maju terutama di negara yang sudah maju. Selain itu universitas diluar negeri (negara maju) peringkatnya lebih tinggi dan statusnya lebih diakui dan terakreditasi. Bisa juga melakukan studi perbandingan antara pendidikan di dalam negeri dan luar negeri.

7. Referensi yang lebih baik
Biasanya dengan kuliah di luar negeri kita bisa mendapatkan banyak buku referensi yang belum tentu ada di negeri kita. Begitu pula dengan jurnal-jurnal terbaru untuk mengembangkan ilmu. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa di negara kita anggaran pendidikan masih minim. Jadi wajar saja jika perpustakaannya pun mungkin tidak sesuai standar yang seharusnya.

8. Memudahkan mencari pekerjaan di dalam negeri
Setelah lulus kuliah dari universitas di luar negeri dan berkeinginan berkarier di dalam negeri, maka ijazah yang didapat dari luar negeri akan memudahkan mencari pekerjaan karena biasanya dianggap memiliki prestisi yang lebih tinggi.

(dari berbagai sumber) 

No comments:

Post a Comment